-->

3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik

3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik - Hallo sahabat Blog Tentang Pengetahuan Umum, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PENGETAHUAN, Artikel TOTTORIAL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik
link : 3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik

Baca juga


3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik

3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik - Berikut ini merupakan pembahasan tentang cara pembuatan magnet yang meliputi cara membuat magnet permanen, cara membuat pembangkit listrik tenaga magnet, cara membuat magnet buatan, cara membuat magnet listrik, cara membuat magnet dengan arus listrik, membuat magnet dengan cara induksi, cara membuat elektromagnet, bagaimana cara membuat magnet, cara membuat energi listrik dari magnet, cara membuat magnet dengan cara menggosok.
3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik
3 Cara Membuat Magnet
Sebelum dibuat menjadi magnet, besi dapat diberi bentuk seperti yang kita kehendaki . Bentuk magnet seperti batang disebut magnet batang.
Magnet dapat pula berbentuk bulat pipih, berbentuk seperti cincin, atau huruf U, bahkan magnet dapat berbentuk seperti coklat marbel yang bulat dan berwarna warni.
1. Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok
Magnet dapat dibuat dengan cara digosok. Sebatang baja dapat dibuat menjadi magnet dengan cara menggosokkan sebuah batang magnet pada baja tersebut. Menggosokkannya harus dengan teratur dalam satu arah dan dilakukan berulang-ulang. Baja akan menjadi magnet permanen.
3 Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok, Induksi dan Dialiri Arus Listrik
Gambar: Membuat Magnet dengan Cara Digosoka
Artinya setelah selesai penggosokkan, batang baja akan menjadi magnet. Untuk menentukan bagian kutub utara (U) dan kutub selatan (S) baja tersebut.
Bila yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara (U) magnet, maka tempat mulai menggosoknya akan menjadi kutub utara (U), dan ujung batang lainnya menjadi kutub selatan (S).
Sebaliknya, bila yang dipakai menggosok adalah ujung kutub selatan (S) magnet, maka tempat mulai penggosokkan akan menjadi kutub selatan (S).
2. Cara Membuat Magnet dengan Cara Induksi
Magnet dapat dibuat dengan cara induksi magnet. Menginduksikan magnet ialah memberikan sifat magnet kepada besi atau baja tanpa disentuhkan kepadanya. Caranya adalah dengan mendekatkan sebatang besi atau baja ke magnet batang yang kuat.
3 Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok, Induksi dan Dialiri Arus Listrik
Gambar: Membuat Magnet Induksi
Ujung besi yang dekat ke salah satu kutub magnet memperoleh kutub yang berlawanan dengan kutub magnet itu. Misalnya, kutub selatan magnet batang didekatkan pada ujung A batang besi (misalnya paku), maka ujung A menjadi kutub utara, sedangkan ujung B menjadi kutub selatan.
Jika ujung B dicelupkan ke dalam serbuk besi, maka ada serbuk besi yang melekat pada paku. Kekuatan magnet hasil induksi sangat lemah, sehingga bila magnet batang dijauhkan dari paku, serbuk besi akan jatuh kembali.


Demikianlah Artikel 3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik

Sekianlah artikel 3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Cara Membuat Magnet, Menggosok, Induksi, Dialiri Arus Listrik dengan alamat link https://salem-bur.blogspot.com/2018/06/3-cara-membuat-magnet-menggosok-induksi.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel