-->

CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK

CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK - Hallo sahabat Blog Tentang Pengetahuan Umum, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BLOGGER, Artikel ISLAMI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK
link : CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK

Baca juga


CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK

CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK - Memiliki anak yang baik, jujur, serta religius adalah dambaan dari setiap orang tua. Betapa sedihnya hati orang tua jika didapati anaknya telah mengecewakan dirinya dengan ketidakjujuarannya. Kejujuran merupakan salah satu nilai kehidupan yang penting untuk diajarkan kepada anak sedini mungkin yah Bunda. Menanamkan kejujuran pada anak dengan cara mengajarkannya agar berkata, berperilaku, serta bersikap jujur dapat menjadi pelajaran yang sangat berguna untuk kehidupannya kelak.
CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana pun. Karenanya, sudah menjadi kewajiban bagi para orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai kejujuran sedari kecil. Sebab, anak-anak lebih mudah menyerap ilmu yang disampaikan daripada orang dewasa.

Nah, bagi Ayah dan Bunda yang sedang mulai mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada si kecil, berikut adalah beberapa cara untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak usia dini 
CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK

BERIKAN PEMAHAMAN MENGENAI PENTINGNYA BERSIKAP JUJUR

Jika anak anda mulai terlihat gelagat ketidakjujuran, jangan langsung mar ah yah Bunda. Tapi berikanlah pemahaman pada anak mengenai pentingnya bersikap jujur. Karena bisa jadi, anak anda sebelumnya tidak mengerti apa sih kejujuran? Apa sih pentinya berbuat jujur? Sehingga memberikan pemahaman mengenai kejujuran pada anak merupakan suatu hal penting untuk disampaikan.

JADILAH CONTOH YANG BAIK

Anak biasanya mencontoh pada orang tuanya. Jadi, sebagai orang tua yang baik haruslah memeberikan contoh yang baik pula. Agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, jujur, dan menghormati orang lain. Jangan sampai Ayah dan Bunda memberikan contoh yang jelek yah, karena bagaimana pun anak tahu. Dan yang dikhawatirkan anak dapat meniru sesuatu yang jelek tersebut. Karena anak belum dapat memberdakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Sehingga diharapkan para orang tua selalu memberikan contoh yang baik.

AJARKAN KEJUJURAN MELALUI KISAH-KISAH ORANG LAIN

Ayah dan Bunda juga bisa nih menceritakan tentang kisah orang lain yang berbuat kejujuran. Ceritakan saja pada anak bagaimana kisah orang tersebut, hingga muncul ungkapan bahwa jujur membawa berkah. Agar anak senantiasa berbuat jujur. Dan bisa juga mengajarkan anak melalu kisah orang yang berbuat tidak jujur, sampaikan deh betapa ruginya orang yang tidak jujur tersebut.

JANGAN LANGSUNG MEMBERI HUKUMAN JIKA ANAK BERBOHONG

Cara selanjutnya untuk menanamkan kejujuran pada anak, ga langsung jadi yah Bunda, semuabutuh proses anak untuk mencerna apa yang anda sampaikan. Nah, jika anak berbuat tidak jujur sebaiknya Ayah ataupun Bunda jangan langsung memeberikan hukuman pada anak. Dikhawatirkan anak justru akan berbohong terus karena bila jujur tentang kesalahannya akan dihukum orang tuanya. Bahaya juga kan Bunda?

TANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA

Menanamkan kejujuran melalui ajaran agama juga angat baik. Bagaiman ceranya? Ayah dan Bunda bisa kok mengajrakan anak mengaji atau lebih baik lagi jika mengaji pada guru ngajinya langsung. Atau pergi ke masjid mengaji bersama. Disana tidak hanya mengaji saja loh Bun. Biasanya ustadz juga akan memberikan ceramah atau cerita-cerita agar anak menambah ilmu, termasuk tentang kejujuran.

Itulah 5 Cara Orang Tua Menanamkan Kejujuran Pada Anak, semoga bermanfaat yah Bunda dan Ayah sekalian. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya 



Demikianlah Artikel CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK

Sekianlah artikel CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA ORANG TUA MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK dengan alamat link https://salem-bur.blogspot.com/2018/06/cara-orang-tua-menanamkan-kejujuran.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel