-->

4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial

4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial - Hallo sahabat Blog Tentang Pengetahuan Umum, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANAK-ANAK, Artikel PENGETAHUAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial
link : 4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial

Baca juga


4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial

4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial - Bagi anak jaman dulu pasti sangat suka bermain daerah, berbeda dengan anak jaman sekarang yang lebih suka bermain game di ponsel nya cukup berbanding terbalik dengan sekarang. Untuk anak era 90-an pasti sangat mengenali beberapa permainan tradisional yang dulu mereka mainkan.

Mungkin sekarang hanya beberapa permainan yang masih trend hingga saat ini, tidak seperti dulu berbagai permainan masih sering dilakukan. Biasanya anak-anak desa atau kampung memainkannya saat sore hari. Mereka berlarian kesana kemari, bergerak lincah, tertawa bahagia bahkan tidak ada satu raut wajah pun yang menggambarkan kesedihan. Semuanya begitu riang dan sangat membahagiakan, pastinya kamu sangat merindukan saat-saat begitu.
Berikut adalah beberapa permainan jaman dulu yang hamper terlupakan pada zaman ini:

Egrang
Anak jaman dulu pasti mengetahui permainan satu ini, permainan yang menggunakan tongkat dari bambu tersebut yang berukuran 2-3 meter. Pijakan kakinya pun terbuat dari bambu. Egrang ini biasanya di gunakan untuk perlombaan lari (adu kecepatan) atau saling menjatuhkan dengan cara memukulkan kaki-kaki bambu.

Petak umpet
Permainan yang satu ini mungkin masih sering diadakan pada anak kecil, permainan ini memang sangat menyenangkan, biasa nya dimainkan 2 orang atau lebih dan salah satu darinya akan menjadi “penjaga atau kucing” yang bertugas untuk mencari teman-temannya yang hilang bersembunyi. Jika semua pemain telah bersembunyi maka wajib bagi si kucing untuk mencari semua teman-temannya, dan bila semuanya sudah ditemukan maka orang pertama yang ditemukanlah menjadi si kucing selanjutnya.

Lompat tali
Lompat tali ini biasanya menggunakan tali karet gelang yang disusun hingga panjang, kebanyakannya permainan ini dimainkan oleh anak perempuan. Cara bermainnya bisa dilakukan perorangan atau kelompok, jika hanya bermain seorang diri biasanya anak akan mengikatkan tali pada tiang atau apa pun yang memungkinkan lalu melompatinya. Jika bermain secara berkelompok biasanya melibatkan minimal tiga anak, dua anak akan memegang ujung tali; satu dibagian kiri, satu lagi dibagian kanan, sementara anak yang lainnya mendapat giliran untuk melompati tali. Permainan ini terkenal pada era 80-90 an.

 Pletoran
Pletoran bambu namanya, sebuah senjata mainan yang terbuat dari bambu, biasanya mainan ini menggunakan peluru dari kertas yang sudah dibasahi. Permainan ini biasanya dimainkan anak lelaki untuk dijadikan game perang-perangan dikebun atau disawah, pletoran juga bias dibuat dari bekas pulpen yang ujung untuk menulisnya dipotong terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa permainan jaman dahulu yang hampir sudah tidak dimainkan anak jaman sekarang lagi. Seharusnya anak-anak jaman sekarang melestarikan permainan tradisional tersebut, bukannya malah duduk berjam-jam hanya untuk memandangi layar ponsel yang hanya memuat matanya menjadi rusak. 


Demikianlah Artikel 4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial

Sekianlah artikel 4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 4 Permainan Tradisional yang Hampir Terlupakan di Masyarakat Sosial dengan alamat link https://salem-bur.blogspot.com/2018/06/4-permainan-tradisional-yang-hampir.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel