-->

Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya

Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya - Hallo sahabat Blog Tentang Pengetahuan Umum, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ISLAMI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya
link : Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya

Baca juga


Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya

Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya - Haji adalah salah satu rukun islam.Sebagai bentuk ibadah ,cara melaksanakan haji harus sesuai dengan dengan perintah Allah dan dilakukan dengan benar dan salah satu dari rukunnya tertinggalkan maka ibadah haji di anggap tidak sah.
Sebelum kita membahas tentang rukun-rukun haji  kita harus  tahu syarat-syarat hajiNya terlebih dahulu ,karena tidak akan sah setiap melakukan sesuatu jika tidak melakukan syarat-syarat-Nya terlebih dahulu walaupun rukunNya sudah kita kerjakan dengan sempurna.
Hasil gambar untuk ibadah haji

Syarat-Syarat Haji :


1.      Islam

2.      Aqil (Berakal ,sehat jasmani dan rohani)



3.      baligh

4.      Merdeka 

5.      Mampu 



Rukun-Rukun Haji :

1.    Ihram adalah niat untuk memulai melaksanakan ibadah haji.niat adalah sesuatu yang berada dalam bhatin yang artinya tidak perlu di ucapkan cukup dengan hati saja.Saat melakukan ihram jamaah wajib memulai dari miqot ,tidak memakai pakain yang di jahit,hendaknya bertalbiyah, dan tidak di perbolehkan memakai baju jubah ,mentel imamah dan penutup kepala dan khuf atau sepatu.bagi jama,ah wanita juga tidak di perbolehkan memakai penutup wajah&sarung tangan.

2.   Towaf Ifadhah  adalah melingkari atau berjalan muter-muter mengeliling ka,bah sebanyak tujuh kali .Dalil yang mewajibkan towaf ada pada Al-quran di surat Al-Hajj ayat 29.Disaat melaksanakan towaf jamaah haji harus melakukan niat  untuk bertowaf,dan juga harus suci dari hadats ,menutup aurat sama hal-Nya seperti melaksanakan Sholat ,berada di sebelah kanan ka,bah ,serta memulainya dari hajar Aswad dan mengakhirinya di hajar aswad lagi.


3.   Sai adalah rukun yang ketiga dari rukun rukunnya haji ,sai dilakukan dengan berjalan/berlari-lari pelan di antara bukit shofa dan marwah sebanyak tujuh kali.rukun sai dilaksanakan setelah jama,ah melakukan towaf dan harus dilakukan beruntut atau berurutan.maksudnya  tidak boleh dilakukan sebelum tawaf begitu juga tidak boleh diselingi dengan ibadah apaun setelahnya.

4.   Wukuf di Arafah adalah sebagian rukun haji yang palimng terpenting .para ulama (ijma) sepakat bahwa barang siapa yang luput melakukan atau melaksanakan wukuf di arafah maka ia harus melakukan haji pengganti di tahun yang lain .Disaat wukuf jamaah harus berada di daerah mana saja  di arafah dan dalam ke adaan apa saja ,baik dalam keadaan suci maupun tidak.(haid,nifas ataupun junub).waktu wukuf di arafah dimulai saat tergelincirnya matahari bertempatan pada tanggal 9 Dzulhijjah ,hingga terbit fajaratau masuk wakti subuh tanggal 10 Dzul hijjah.bagi para jama,ah yang wukuf diluar waktu tersebut maka hajinya tidak sah.ada beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh beberapa jamaah,yakniwukuf di jabal rahmah .mereka meyakini bahwa tempat tersebut adalah tempat terbaik untuk wukuf,karena tidak pernah di ajarkan Rosulallah SAW.


Demikianlah Artikel Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya

Sekianlah artikel Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rukun-Rukun Haji Dan Cara Melaksanakan-Nya dengan alamat link https://salem-bur.blogspot.com/2018/07/rukun-rukun-haji-dan-cara-melaksanakan.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel