-->

3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar

3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar - Hallo sahabat Blog Tentang Pengetahuan Umum, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PENDIDIKAN, Artikel PENGETAHUAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar
link : 3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar

Baca juga


3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar

3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar - Adalah laporan tertulis yang menampilkan hasil dari sebuah penelitian atau percobaan yang dikerjakan oleh satu orang bahkan tim. Biasanya yang melakukan karya tulis ilmiah adalah pelajar atau mahasiswi, mereka melakukan kegiatan tersebut karena ingin memecahkan sebuah masalah sosial yang kerap kali terjadi. Namun, ada juga yang melakukan kegiatan ini sebagai penelitian tesisnya.
3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar

Yang pernah saya alami saat masih duduk di bangku SMA adalah melakukan kegiatan karya tulis ilmiah tersebut selama kurang lebih 5 bulan. Disitu saya dan teman-teman ditantang untuk melakukan sebuah inovasi baru untuk menghentikan laju dari kerusakan lingkungan khusus nya pencemaran air karena bahan deterjen yang dapat menghambat populasi kehidupan di sungai. Kemudian terciptalah sebuah ide untuk membuat sabun pencuci pakaian yang ramah lingkungan. Tahu kah kalian dari apa kami membuat nya? yap, dari daun bunga sepatu. Karena apa? karena di dalam daun bunga sepatu terdapat kandungan saponin. Mengapa demikian? karena Saponin adalah  senyawa  dalam  bentuk glikosida  yang  tersebar  luas  pada  tumbuhan  tingkat  tinggi. Saponin  membentuk larutan  koloidal  dalam  air  dan  membentuk  busa  yang  mantap  jika  dikocok   dan tidak  hilang  dengan  penambahan  asam   (Harbrone,1996). Selain itu kandungan busa(saponin) dalam tanaman bunga sepatu berfungsi sebagai bahan pencuci yang memiliki sifat seperti sabun dan bertindak sebagai surfaktan.

Setelah melewati beberapa tahap akhirnya jadilah sebuah produk baru yang dapat mengurangi penggunaan deterjen tersebut. Lalu apakah manfaat dari penulisan karya tulis itu sendiri bagi pelajar? Berikut penjelasannya:

Menjadikan Pelajar Kreatif dan Berfikir Cerdik
Sifat yang satu ini adalah salah satu manfaat yang saya lihat dari teman saya yaitu membuatnya terus berfikir bagaimana untuk meyelasaikan masalah sosial tersebut dengan melakukan percobaan-percobaan yang banyak sekali menuai kegagalan. Namun, karena karya tulis ilmiah ini lah membuat dirinya terus berjuang bagaimana untuk terus berfikir kreatif agar menciptakan produk atau sebuah penelitian baru agar tidak ketinggalan zaman dan menjadi generasi penerus bangsa yang berguna bagi masyarakat sekitar.

Tidak Pantang Menyerah
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saat melakukan percobaan penelitian pastilah akan menemui kegagalan. Tidak satu atau dua kali namun berkali-kali, tetapi saat ada keyakinan pada dirinya bahwa ingin terus melakukan karya tulis tersebut pastinya tidak akan mudah pantang menyerah dan terus melakukan percobaan selanjutnya. Memulai yang baru dan belajar dari sebuah kegagalan.

Memiliki Sifat Optimis
Selain pantang menyerah pastinya kamu yang melakukan penelitian harus memiliki rasa optimis, sebab karena rasa optimis dan percaya diri membuatnya semakin bersemangat untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah tersebut. Jika kamu memiliki rasa optimis yang tinggi kamu akan selalu berusaha dan berjuang menciptakan penelitian yang luar biasa. Karena jika kegiatan salah satu ini selesai rasanya akan ada sesuatu pada diri kamu yang membuat terciptanya rasa bangga.



Nah, kurang lebih seperti itulah manfaat dari sebuah karya tulis ilmiah yang pernah saya alami dengan teman-teman saya. Sekian dan terima kasih.


Demikianlah Artikel 3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar

Sekianlah artikel 3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Pelajar dengan alamat link https://salem-bur.blogspot.com/2018/06/3-manfaat-penulisan-karya-tulis-ilmiah.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel