-->

5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini

5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini - Hallo sahabat Blog Tentang Pengetahuan Umum, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PENGETAHUAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini
link : 5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini

Baca juga


5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini

5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini - Sebelum membahas tentang beberapa contoh masalah sosial dalam masyarakat, kita perlu memahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan masalah sosial. Berbagai definisi tentang masalah sosial diutarakan berbeda oleh para ahli, salah satunya yang dijelaskan oleh Bulmer dan Thompson.Mereka mendefinisikan itu sebagai suatu kondisi yang terjadi didalam masyarakat dan dapat mengancam nilai-nilai dalam masyarakat, sehingga dapat memberikan dampak pada sebagian besar anggota masyarakat.

Berikut beberapa masalah sosial yang masih melanda:

Masalah Kemiskinan
Adanya kemiskinan menyebabkan rendahnya pendapatan per-kapita suatu negara, hal ini juga erat kaitannya dengan minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Selain itu kurang berkembangnya pola pikir masyarakat juga menjadi faktor lain masih adanya masalah kemiskinan dalam masyarakat. Mereka yang dapat beradaptasi dengan perubahan sosial dengan baik dan dapat berpikir secara terbuka akan dengan mudah menghindari masalah kemiskinan ini.

Masalah Kependudukan
Tingginya jumlah penduduk mengakibatkan persebaran yang tidak merata dan adanya kepadatan yang terus meningkat. Kepadatan penduduk juga dapat menyebabkan masalah lainnya, seperti kemiskinan, pengangguran, hingga lingkungan sehingga dibutuhkan upaya yang nyata dalam mengatasi masalah kependudukan.

Masalah Pendidikan.
Sebagai contoh, banyaknya anak dibawah umur yang ikut bekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Ketidakmampuan dalam membiayai sekolah serta faktor kemiskinan merupakan alasan utama rendahnya kesempatan pendidikan dalam masyarakat.

Masalah tindak Kriminalitas
Tindak kejahatan atau kriminalitas merupakan masalah yang paling mengganggu dan mengancam ketentraman masyarakat. Beberapa contoh tindak kejahatan adalah pencurian, perampokan, korupsi, pembunuhan, penculikan, dan yang lainnya. Dimana tindakan ini sangat bertentangan dengan norma hukum.

Kenakalan Remaja
Semakin banyaknya perubahan sosial yang terjadi maka meningkat pula masalah sosial kenakalan remaja di masyarakat. Kenakalan remaja bisa disebabkan karena kurangnya pendidikan, hal ini adalah masalah yang paling menonjol dalam masyarakat. Biasanya kenakalan remaja ini terbilang masuk ke dalam tindak kriminal juga, seperti perampokan, narkoba, begal dan lainnya.

Itulah beberapa contoh masalah sosial dalam masyarakat. Bagaimanapun kondisinya, dalam sebuah lingkungan masyarakat pasti ada masalah-masalah sosial yang terjadi.


Demikianlah Artikel 5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini

Sekianlah artikel 5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Masalah Sosial yang Masih Dihadapi Hingga Saat Ini dengan alamat link https://salem-bur.blogspot.com/2018/06/5-masalah-sosial-yang-masih-dihadapi.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel