-->

CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN

CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN - Hallo sahabat Blog Tentang Pengetahuan Umum, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KULINER, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN
link : CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN

Baca juga


CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN

CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN - Hari raya Idul Fitri atau hari lebaran merupakan suatu hari raya yang selalu dirindukan umat Islam. Setelah selesai berjuang menahan lapar dan hawa nafsu di bulan Ramadhan, maka kita akan bertemu dengan hari lebaran. Hari lebaran merupakan moment yang selalu dinantikan umat Islam. Karena pada hari tersebut kita dapat berkumpul bersama keluarga atau kerabat, serta saling memaafkan satu sama lain.

Pada hari raya Idul Fitri, hampir setiap rumah menyediakan hidangan berupa makanan-makanan yang lezat. Salah satu makanan yang sering dihidangkan pada hari raya Idul Fitri adalah ketupat dan opor ayam. dan berikut inilah cara membuat ketupat dan opor ayam.
CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN

Cara Membuat Ketupat dan Opor Ayam
1. Ketupat
cara membuat ketupat dan opor ayam

Ketupat merupakan salah satu makanan yang sering dibuat ketika menjelang hari lebaran. Kita sering melihat simbol ketupat sebagai tanda dekatnya hari raya Idul Fitri. Ketupat biasanya disajikan bersama opor ayam, gulai, semur, sate, dan sebagainya.

Bahan-bahan Ketupat :

250 gram beras
 Garam 1/3 sendok teh
 Daun pandan 3 lembar
Air 6 liter untuk merebus
Kulit ketupat secukupnya
Langkah-langkah membuat ketupat:



Pertama-tama cuci bersih beras lalu tiriskan. Tambahkan garam, aduk rata. Sisihkan.
 Masukan beras kedalam kulit ketupat yang terbuat dari janur sebanyak 60% dari total volume kulit ketupat. Lakukan hingga beras habis.
Masukan ketupat beras kedalam panci presto. Tuang air lalu tambahkan daun pandan. Tutup panci, masak diatas api besar hingga muncul uapnya.
Setelah muncul uapnya, segera tutup katup pada penutup panci dan ubah api menjadi api sedang, masak selama 1 jam. (jika tidak mempunyai panci presto bisa menggunakan panci biasanya dan masak ketubat sampai 3 jam).
Jika menggunakan panci presto, setelah ketupat matang jangan langsung dibuka karena panci bertekanan tinggi, maka akan menimbulkan efek ledakan bila panci langsung dibuka. Diamkan dulu sebentar, setelah agak dingin baru aman untuk dibuka. Tiriskan ketupat, dan gantung ketupat agar benar-benar kering.


2. Opor Ayam
cara membuat ketupat dan opor ayam

Makanan khas lebaran yang berikutnya adalah opor ayam. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang biasanya disantap dengan ketupat. Opor ayam dan ketupat merupakan pasangan yang cocok apalagi disantap ketika hari raya Idul Fitri.

Bahan-bahan Bumbu Opor :

Daging ayam ukuran besar 1 ekor
Air jeruk nipis secukupnya (digunakan untuk menghilangkan bau amis)
Kemiri 3 butir
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 8 siung
Jahe 1 ruas
Kencur 1 ruas
Lada (merica) secukupnya
Daun jeruk 2 lembar
Sereh di keprek 1 batang
Terasi secukupnya (jika suka)
Kelapa parut 1 butir
Air 1 liter
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya (digunakan untuk menggoreng ayam)
Cara Membuat Opor Ayam Lebaran :

Langkah awal cuci bersih ayam lalu potong menjadi 20 potong. Beri garam dan jeruk nipis. Biarkan sampai 5 menit, cuci kembali ayam. Kemudian goreng ayam setengah matang, sisihkan.
Selanjutnya bakar kemiri, kunyit, jahe dan terasi, sisihkan.
Blender atau ulek bawang merah, bawang putih dan bumbu yang dibakar tadi hingga halus. Sisihkan.
Siapkan santan dari kelapa parut yang dicampur dengan 1 liter air. Sisihkan.
Selanjutnya panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan tadi hingga tercium aroma wangi sedap, masukkan santan dan ayam, aduk sebentar. Lalu beri garam, gula pasir, daun jeruk dan sereh. Cicipi rasanya, silahkan tambahkan bila dirasa ada yang kurang.
Masak terus sampai air santannya sedikit menyusut. Angkat.
Sajikan opor ayam dengan diberi taburan bawang merah goreng diatasnya serta sambal goreng cabai merah pedas atau tumbukan kacang tanah goreng lengkap dengan kerupuk udang sebagai bahan pelengkapnya.


Demikianlah Artikel CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN

Sekianlah artikel CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CARA MEMBUAT KETUPAT DAN OPOR AYAM KHAS LEBARAN dengan alamat link https://salem-bur.blogspot.com/2018/06/cara-membuat-ketupat-dan-opor-ayam-khas.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel